Sambutan Hari Kartini Tahun 2020

Sambutan Kepala SMA Negeri 2 Kota Bekasi Dalam Rangka Memperingati Hari Lahirnya Raden Ajeng Kartini Tahun 2020.

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang Saya hormati Bapak dan Ibu Guru Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Serta yang Saya banggakan Siswa Siswi SMA Negeri 2 Kota Bekasi.

Terlebih dahulu marilah senantiasa kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa yang telah mencurahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga pada saat ini kita masih bisa memperingati hari Kartini tahun 2020 yang ke 141 dalam keadaan sehat wal’afiat. Walau dalam situasi melawan pandemik COVID -19. Sehingga peringatan hari Kartini ini dilaksanakan di rumah masing masing.

Bapak, Ibu dan Siswa Siswi SMA Negeri 2 Kota Bekasi yang Saya banggakan.

Pada tanggal 21 April merupakan hari kelahiran pahlawan nasional “Ibu Kartini “. Dimana Ibu Kartini merupakan pejuang emansipasi wanita yang kita peringati sebagai Hari Kartini. Peringatan Hari Kartini tentunya lebih tepat untuk direfleksikan dalam kegiatan aktual yang selaras dengan cita-cita perjuangan beliau yaitu : mencerdaskan bangsa, memperjuangkan kesejahteraan dan berbagi kepada sesama.

Seperti situasi dan kondisi saat ini penyebaran COVID-19 semakin meningkat dan berdampak terhadap pelayanan, terjadi pembatasan kegiatan sosial serta mempengaruhi kondisi perekonomian warga masyarakat tidak mampu. Maka dari itu sebaiknya peringatan Hari Kartini sekarang ini kita wujudkan untuk mengajak saudara-saudara kita untuk melakukan kegiatan dalam bentuk aksi kepedulian sosial kepada masyarakat di sekitar kita yang terkena dampak COVID-19.

Selain itu juga, dalam makna tujuan kesamaan derajat perempuan dengan laki-laki tentunya jangan sampai melebihi batas fitrah kemanusiaan, sebab masing-masing secara kodrat antara laki-laki dan prermpuan pasti mempunyai peranan yang berbeda. Sebagai seorang wanita tentu tidak bisa meninggalkan kodratnya, demikian juga sebaliknya.

Kepeloporan Raden Ajeng Kartini wajib kita tiru dan kita amalkan yaitu semangat untuk memperjuangkan sesamanya. Semangat untuk maju dan berkembang serta semangat pantang menyerah pada keadaan. Semangat itu juga memperlihatkan betapa hak asasi manusia di Indonesia ini sangat diperhatikan. Terlebih hak wanita dalam menempatkan diri ikut serta membangun Nusa dan Bangsa Indonesia.

Itulah semangat dari Raden Ajeng Kartini yang patut diteladani. Semangat bergelora untuk membangun bangsa, semangat dalam diri kita menghadapi setiap permasalahan, semangat untuk pantang menyerah terhadap keadaan.

Bapak, Ibu dan para Siswa yang berbahagia.

Perempuan sebagai komponen bangsa harus bangga. Karena di negeri ini telah banyak sosok perempuan yang berprestasi dibidangnya masing masing. Ada gubernur perempuan, ada menteri perempuan, ada walikota perempuan, ada kepala dinas perempuan, ada kepala sekolah perempuan, dan profesi lainnya yang ditekuni oleh kaum perempuan.

Semoga kita semua terinpirasi oleh sosok sosok perempuan yang berprestasi tersebut, sehingga perempuan Indonesia akan lebih maju dan berprestasi dimasa yang akan datang. Semoga perempuan Indonesia tetap tangguh dan kuat dalam menjaga nama besar bangsa, negara, masyarakat, agama dan keluarga.

Harapan kita pada peringatan Hari Kartini ini kita dapat merefleksikan kembali makna semangat dari perjuangan RA Kartini dan menjadi inspirasi dalam kegiatan belajar mengajar untuk mewujudkan pendidikan nasional yang berkualitas.

Ahir kata saya ucapkan selamat hari Kartini yang ke 141 tahun 2020, untuk generasi muda penerus pejuang Kartini.
Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu memberikan kekuatan dan kesehatan untuk kita smua. Aamiin.

Sekian Terima kasih

Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh

Kepala SMA Negeri 2 Kota Bekasi

 

Dr. Hj. Ekowati, S.Pd., M.Pd.

Leave a Reply